Cintailah negeri dan alam kita

PENIKMAT ALAM

Senin, 12 Mei 2014

GUNUNG MERBABU (VIA THEKELAN)

Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo.Gunung Merbabu berasal dari kata "meru" yang berarti gunung dan "babu" yang berarti wanita.Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dankawah Sambernyowo. Gunung Merbabu dapat di daki dari empat jalur yakni Thekelan, Cunthel, Wekas dan Selo.
Ya kebetulan saya mendaki bulan maret 2014 kemarin saya naik via jalur thekelan, karena saya mengajak beberapa wanita.
jalur thekelan ini lebih landai dari pada jalur wekas atau selo, ya walaupun landai tidak bisa dikatakan gampang juga. masing masing jalur punya kesulitannya tersendiri. jalur ini landai tapi lebih memutar , dibanding jalur lainnya .(maklum namanya juga landai).

AWAL PERJALANAN
sebelumnya kami berniat untuk mendaki mt.slamet , tetapi karena sedang aktif kami alihkan keinginan kami tersebut. setelah berdiskusi beberapa kali akhirnya kami memutuskan untuk mendaki mt.merbabu yang estimasi biayanya kurang lebih sama dengan mt.slamet.
23 maret 04.00 wib kami berkumpul di tempat kami biasa membuka forum. setelah menunggu kawan yang sedang mandi akhirnya kita jalan jam 04.30 karena ada kawan yang mengantar istrinya dulu. padahal kereta jalan jam 06.20 dari st.senen.
setelah kita berjalan sampai terminal busway kebon nanas, karena jam kerja pagi hari sudah macet.
akhirnya hal yang kami takutkan terjadi, benar saja akhirnya kita ketinggalan kereta. kami berdiskusi kembali di stasiun untuk mencari jalan keluar. akhirnya kami memutuskan untuk membeli tiket lagi yang harganya 2x lipat.( gapapa deh dari pada ga jadi)
jam 08.00 kita jalan dr st.senen menuju semarang tawang.sampai di semarang kita makan sampai jam 15.00
dari semarang tawang kita mencari bus ukuran 3/4 menuju ke salatiga(pasar sapi).sampai di salatiga lanjut lagi carteran angkot menuju basecamp thekelan .dan langsung istirahat di basecamp.

Perjalanan
setelah istirahat lumayan lama kita melanjutkan perjalanan. tujuan kita adalah pos 4 (pemancar). sebelum berjalan tidak lupa kami berdoa untuk perjalanan kami
kami bertemu rombongan dari cilacap yang ingin naik bareng kami. setelah siap dan berdoa kami mulai pendakian pukul 04.00
setelah berjalan kurang lebih 1/2 jam akhirnya sampai di pos bayangan 1.
pos bayangan1-pos bayangan2 1/2jam
pos bayangan2 - pos1 1,5 jam.
pos1 - pos2 kurang 1,5jam
pos2-pos3 3jam (padang terbuka)
pos3- pos4 4jam (padang terbuka + agak terjal)

kami sangat lama karena hujan dari pos 3 ke pos 4. dan banyak sekali istirahat karena tidak membawa persediaan air yang cukup. kami harus membuat bivak darurat untuk berteduh. sampai pos 4 kurang lebih jam 03.00 selama perjalanan kami sangat kekurangan air , untung aja bareng rombongan cilacap yang bawa air ckup bua satu RT hahaha.
sampai di pos 4 kami membuat tenda dan masak untuk mengisi tenaga kembali. sambil selfie selfie juga sih hehehe
pemandangan dari pos2 ke 4 sangat indah sekali , rasa lelah kami terbayar dengan keindahan tersebut
kami tidur dari jam 6 dan bangun jam 03.00 untuk menikmati sunrise dari pos4.

Summit Attack
pukul 08.00 kami siap untuk summit attack . pukul 09.00 sampai di pos helipad (pos5)
kami istirahat dan lanjut perjalan kembali . sampai di pertigaan kami memutuskan untuk menanjak ke puncak kenteng songo . setelah beberapa kali kita meminta air dari pendaki lain , sampailah juga kami di puncak kenteng songo.

tidak lupa kami bersyukur kepada sang Pencipta atas karunia-Nya kami bisa menikmati alam yang indah dan kaya ini. tapi jangan buang sampah di gunung ya :)

setelah menikmati puncak kami langsung turun untuk bersiap siap merapihkan tenda dan langsung turun ke basecamp .
waktu tempuh kurang lebih 5-6 jam.

nb: - jangan buang sampah sembarangan
      - pakai tangan panjang biar ga kebakar kulitnya
      - pakai gaiter  karena jalur berdebu saat musim panas